Selasa, 08 Juni 2010

Muhasabah

Hari ini saya merenung,..akan kejadian2 yg telah lewat,baik itu hal2 yang baik dan positif juga yg sebaliknya.Usia manusia memang tak ada yang tahu kapan waktunya.

Saya jadi teringat semua salah dan dosa,jika saya memikirkan kematian,..tapi setel;ah saya larut lagi dalam kenikmatan duniawi apapun bentuknya saat itu pun saya lupa akan kematian.Astaghfirulloh.

Setiap Insan ,pasti ingin berusaha untuk selalu menjadi lebih baik,untuk selalu terus belajar dan memperbaiki diri dan amalan.

Masalahnya Bilakah saat kita akan menjemput ajal,kita sudah siap menghadapinya..?saya semakin larut bermuhasabah.

Saya jadi ingat sebuah syair yang tiba-tiba menyelinap dalam benak saya :

Wahai Tuhan ku tak pantas ke surga Mu
Tapi tak juga aku sanggup ke neraka Mu
Ampunilah dosaku
Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun
Terhadap dosa-dosa besar

Saya begitu terhanyut dengan syair ini.Mungkin inilah perasaan seorang yang telah membawa perubahan bagi kehidupannya.dari seorang yang berlumur dosa yg tlh tobat.
Yaitu,merasa tak patut mendapat surga dan pula tak sanggup menanggung siksa neraka.

mengingat syairnya saya mencoba membaginya (dari sikap orang kepada surga dan neraka)
menjadi empat kwadran.

> kwadran kelompok pertama yaitu mereka yang merasa(menurut penilaiannya sendiri) pantas masuk surga dan tak takut siksa neraka(audzubillah)

> kwadran kelompok kedua yaitu mereka yang merasa(menurut penilaiannya sendiri) pantas masuk surga dan takut siksa neraka.

> kwadran kelompok ketiga yaitu mereka yang merasa (menurut penilaiannya sendiri) tak patut masuk ke surga dan takut akan siksa neraka.

> kwadran kelompok keempat yaitu mereka yang merasa(menurut penilaiannya sendiri)tak patut masuk ke surga dan tak takut pula siksa neraka(audzubillah)

Ditengah gemerlap kehidupan dunia,dan penuh sesaknya kemaksiatan yg ada di depan mata,..mungkin beberapa bait dari untaian syair tersebut dapat menggelitik relung hati kita..

Semoga Allah SWT selalu menjaga tingkah kita dan selalu melindungi kita dari perbuatan tercela..amiin...(dari sista_ksa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar